Sabtu, 05 April 2014

Tips Mengatasi Mual Pada Ibu hamil

Mual dan muntah kerap dialami oleh ibu hamil pada saat usia janin di trimester pertama. Hormon Human Chorionic Gonodotrophin yang dihasilkan plasenta di awal kehamilan diduga merupakan penyebab timbulnya rasa mual. Tak heran bila keluhan mual muntah biasanya akan mereda dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan
Jangan panik, karena ini bisa diatasi. Banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan.
* Jahe
Di dalam jahe terkandung flavoida, polifenol, dan minyak asiri. Rimpang jahe bermanfaat untuk menghangatkan badan, memperlancar mengeluarkan keringat (diaforetik), menambah nafsu makan (stomatik), serta mengurangi rasa mual.
Cara mengolah:
Parut/geprek jahe, seduh dengan air panas, lalu saring. Saat akan diminum tambahkan sedikit gula jawa atau madu.
* Serai
Serai mengandung geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, kadinol, dipenten, eugenol, limonen dan sitral. Salah satu khasiatnya adalah mengurangi rasa mual.
Cara mengolah:
Seduh sebatang serai yang telah dimemarkan dengan secangkir teh manis panas. Minum selagi hangat
* Daun jeruk dan daun pandan
Tanaman aromatik seperti daun jeruk dan daun pandan bermanfaat untuk mengurangi rasa mual.
Cara mengolah:
Seduh daun jeruk dan daun pandan (bisa sendiri-sendiri atau digabung, tergantung selera), tambahkan gula/gula jawa atau madu saat akan diminum.
* Buah jeruk
Buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi serta sumber asam folat yang potensial. Sebutir jeruk dapat memenuhi 20% kebutuhan folat sehari-hari. Seperti diketahui asam folat sangat penting bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko kecacatan pada janin. Bila ibu hamil tidak mempunyai gangguan lambung/mag, rasa buah jeruk yang manis segar juga bisa membantu mengatasi mual muntah

Title: Tips Mengatasi Mual Pada Ibu hamil; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar